Ilmu lebih utama dari harta karena ilmu itu menjaga kamu, kalau harta kamulah yang menjaganya

MANFAAT DAN KANDUNGAN BUAH APEL


APEL


Siapa yang belum pernah mendengar ungkapan ‘Makan apel sebutir apel sehari, Anda akan terbebas dari dokter’? Benarkah demikian? Agaknya kombinasi flavonoid sebagai pemicu aktivitas vitamin C dan kandungan serat dalam buah apel ini yang menjadi alasannya. Hal ini diungkapkan oleh Lester Packer dalam bukunya, The Antioxidant Miracle. Sejumlah pakar bahkan mengistilahkan buah ini sebagai “pabrik mini” penghasil bahan gizi yang diperlukan untuk membangun dan melindungi tubuh. Karena bebas lemak, sodium, dan kolesterol, apel banyak dianjurkan bagi yang ingin langsing.
                Apel banyak memiliki kandungan vitamin, mineral serta unsur lain seperti fitokimia, serat, tanin, baron, asam tartat, dan lainnya. Zat inilah yang sangat diperlukan bagi tubuh kita untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit.
                Buah apel kaya akan kandungan vitamin. Beberapa vitamin yang terdapat dalam buah apel misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B5, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C. buah apel mengandung banyak mineral. Mineral dalam buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc. Buah apel juga mengandung fitrokimia. Fitrokimia merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.
                Apel kaya akan serat, sehingga baik untuk orang yang sedang dalam program diet. Hal ini disebabkan karena serat yang tinggi akan mencegah lapar datang lebih cepat. Serat berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang. Buah apel juga memiliki kandungan tanin. Tanin adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi. Di dalam buah apel terdapat baron. Baron berfungsi mempertahankan jumlah estrogen dalam tubuh seorang wanita.
                Salah satu kandungan buah apel yang  baik untuk mencegah penyakit adalah flavonoid. Flavonoid merupakan zat yang berfungsi menurunkan risiko kanker. Asam D-glu-caric yang merupakan zat penurun kadar kolesterol juga terdapat dalam buah apel. Quercetin yang merupakan zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kadar antioksidan sehingga tubuh terasa lebih sehat dan mencegah berbagai penyakit juga terkandung dalam buah apel ini.
                Di dalam sebuah apel juga terdapat asam tartat. Asam tartat yang dapat menyehatkan saluran pencernaan, karena zat ini mampu membunuh bakteri yang ada dalam saluran pencernaan.
                Melihat banyaknya unsur kesehatan yang dapat dimanfaatkan, tentu tak ada salahnya untuk mengkonsumsi satu buah apel setiap hari.

0 komentar:

Poskan Komentar